×

RETUR PENJUALAN

Ada 2 cara menambah retur penjualanCara pertama:Edit faktur penjualan yang ada dengan masuk ke edit faktur dan hapus produk atau kurangi kuantitas produk. Dan simpan. Sistem akan secara otomatis menambahkan jumlah yang dikembalikan ke stok. Ini adalah cara yang sederhana & disarankan untuk dilakukan.Cara Kedua:Ikuti tangkapan layar di bawah ini:Pertanyaan: Mengapa nilai retur...

CARA MENDAFTARKAN CABANG BISNIS BARU

Berikut adalah cara mendaftarkan cabang bisnis baru di dalam software kasir BE PosPastikan Anda sudah login dan memiliki hak akses menambahkan cabang bisnis baruKlik Pengaturan > Cabang BisnisDi layar cabang bisnis Anda dapat melihat informasi semua cabang bisnis Anda, untuk menambahkan cabang bisnis baru silahkan klik “Tambah”Mulailah untuk mengisi informasi cabang...

MANAJEMEN PRODUK

Menambahkan ProdukBuka – Produk > Tambahkan Produk.Berikan nama produk,MerekUnitGolonganSub-kategoriSKU: Tambahkan SKU unik yang akan digunakan untuk mengidentifikasi produk &Cetak barcode dalam label. Biarkan kosong untuk menghasilkannya secara otomatis. Anda juga dapat menambahkan Awalan untuk SKU yang dibuat secara otomatis.Jenis Barcode: Pilih jenis barcode, default/direkomendasikan adalah opsi C128. Sebaiknya ubah jika hanya jika...

SALDO DIMUKA (DOWN PAYMENT)

Saldo DimukaSaldo Dimuka (kepada pelanggan) adalah jumlah dari jumlah yang harus dibayar bisnis untuk pelanggan.Saldo Dimuka (ke pemasok) adalah jumlah dari jumlah yang harus dibayar pemasok untuk bisnis.Untuk menambahkan saldo dimuka, Buka Pelanggan -> pelanggan/pemasok dan klik tombol tindakan. Di sini Anda akan menemukan opsi pembayaran dan mengkliknya. Pop up pembayaran tambahan...

CARA MELAKUKAN PENGATURAN CABANG BISNIS

BE Pos hadir sebagai software kasir online multi cabang berbasis cloud ERP untuk segala jenis usaha. Anda dapat melakukan berbagai pengaturan ke dalam masing-masing cabang bisnis Anda.Cabang bisnis default akan disetel dalam informasi bisnis yang pertama kali Anda daftarkan. Anda dapat menetapkan beberapa pengaturan pada setiap cabang bisnis yang Anda...

VARIAN PRODUK

Varian pproduk dapat ditambahkan dengan klik Produk -> Varian.Varian produk ini digunakan dalam produk produk variabel.Contoh produk “Celana” dapat memiliki beberapa ukuran, jadi tambahkan varian yang disebut “Ukuran” dan berikan nilai varian sesuai ukuran yang Anda miliki. Seperti yang diberikan pada gambar di bawah ini.

MENGHAPUS PRODUK

Menghapus ProdukMenghapus produk akan menghapus produk dari database.CATATAN: Penghapusan ini tidak akan berfungsi jika produk memiliki beberapa transaksi yang terkait dengannya. Transaksi dapat berupa Pembukaan Saham, Pembelian, Penjualan atau transfer saham produk. Ini akan menunjukkan beberapa kesalahan seperti:Produk tidak dapat dihapus karena pembelian yang terkait dengan produk ini adaBeberapa produk tidak...

MANAJEMEN WEWENANG HAK AKSES PENGGUNA

Menambahkan WewenangSetiap bisnis baru dilengkapi dengan beberapa peran default – Admin &Kasir.Admin memiliki semua izin dalam aplikasi.Kasir hanya memiliki izin untuk bagian POS.Anda dapat membuat peran dengan mengklik tombol Tambahkan -> Memberikan nama peran dan kemudian memilih izin yang sesuai untuk peran itu.Terkadang Anda mungkin perlu memberi pengguna akses ke...

RIWAYAT STOK PRODUK

Masuk ke Daftar Produk > ProdukKlik Tindakan > Riwayat stok produk

MENGATUR SKEMA FAKTUR

Dengan BE pos Anda dapat mengonfigurasi format untuk nomor faktur Anda.Untuk mengonfigurasi, buka Pengaturan -> Pengaturan FakturKlik Tambah dan pilih format skema.Formatnya bisa XXXX atau <tahun>-XXXXAnda juga dapat memberikan awalan khusus, nomor awal faktur, jumlah digit dalam nomor faktur.Kotak pratinjau akan menampilkan pratinjau sesuai dengan opsi yang dipilih.Anda perlu menetapkan skema faktur default...

MENGGUNAKAN FITUR AGEN KOMISI

Agen Komisi berguna untuk banyak bisnis. Bisnis membayar komisi agen penjualan / agen komisi pada setiap penjualan yang mereka bawa.Mengaktifkan & memilih jenis agen komisi:Secara default Agen Komisi Dinonaktifkan. Anda dapat mengaktifkannya dari Pengaturan -> Pengaturan Bisnis -> Penjualan. drop-down Agen Komisi Penjualan.Anda akan melihat 3 jenis yang berbeda:Pengguna yang Masuk: Jika...

SALDO AWAL DI APLIKASI BE POS

Saldo AwalSaldo Awal (kepada pelanggan) adalah jumlah dari jumlah yang harus dibayar pelanggan untuk bisnis.Saldo Awal (untuk pemasok) adalah jumlah dari jumlah yang harus dibayar bisnis untuk pemasok.Menambahkan saldo awalUntuk menambahkan saldo pembuka, Buka Kontak>Pelanggan/Pemasok. Pilih tombol tambahkan atau klik edit untuk pengguna yang sudah ada. Di sana Anda dapat...

GRUP PELANGGAN

Grup Pelanggan:Dengan Grup pelanggan, Anda dapat mengklasifikasikan pelanggan sebagai Pelanggan Ritel, Pelanggan Distributor, Teman, Kolega, dan apa pun yang Ingin Anda sukai.1. Untuk menambahkan “Grup Pelanggan” buka Kontak -> Grup Pelanggan &Klik tombol “Tambahkan”.2. Ini akan menampilkan popup yang meminta nama grup pelanggan &Persentase Perhitungan.Persentase perhitungan digunakan untuk menghitung harga jual.Contoh:–...

MENAMBAHKAN SALDO AWAL PEMBUKAAN & PEMBAYARAN

Membuka saldo awal:Saldo awal adalah saldo (pelanggan atau pemasok) yang dimiliki pada awal penggunaan perangkat lunak.Misalkan Anda mengalihkan data dari perangkat lunak lain ke BE pos maka saldo awal kontak adalah jumlah saldo yang harus dibayar / diterima / dari Anda oleh kontak.Saldo awal untuk pelanggan = Jumlah yang harus...

MENAMBAHKAN BIAYA, MENAMBAHKAN BIAYA UNTUK KARYAWAN ATAU PELANGGAN ATAU PEMASOK

BE pos memungkinkan Anda untuk menambahkan pengeluaran untuk seorang karyawan. Pengeluaran tersebut dapat berupa Gaji, Bonus, Tunjangan, pengeluaran perjalanan atau lainnya.– Cukup buat kategori untuk pengeluaran yang Anda tambahkan. Menambahkan kategori yang relevan membantu Anda mengklasifikasikan pengeluaran dan menganalisisnya.– Buka Tambah Pengeluaran, isi detailnya, pilih kategori yang relevan dan pilih pengeluaran...