Penerapan Program Accurate untuk PERSEWAAN ALAT BERAT

 

Perusahaan Jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatan usahanya adalah tidak berwujud (Jasa), atau bisa juga dikatan kegiatan menjual jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar atas permintaan konsumen yang kemungkinan tidak semua bisa memiliki keahlian atau kebutuhan atas jasa tersebut.

Para pelaku bisnis perusahaan jasa disini juga diperlukan adanya produk untuk melakukan usahanya tersebut. Misalkan perusahaan alat transportasi membutuhkan armada bus untuk menunjang usaha jasanya, atau untuk perusahaan alat berat contohnya armada forklift. Begitu juga untuk usaha jasa lainnya.

Kali ini Penulis akan memjelaskan untuk Persewaan alat berat penerapannya di pembukuan accurate software.

Ada beberapa kendala dari perusahaan persewaan alat berat yang sering dihadapi, antara lain:
  1. Penerbitan nota atas sewa, dan jasa pengiriman alat beratnya.
  2. Posisi atau kontrol armada alat berat sebagai asset perusahaan.
  3. Maintenance atas armada alat beratnya.
  4. Melihat keuntungan per armada alat beratnya.
  5. Dan masih banyak lagi terutama berkaitan dengan kontrol laporan keuangannya.

Hanya dengan Program Pembukuan Accurate semua akan mudah teratasi baik dari sisi kontrol armada baik yang ada di gudang ataupun ditempat pelanggan, penerbitan faktut tagihan atas sewa dan ongkos kirim, kontrol asset armada bahkan hingga laporan laba/rugi per armada.

Penerbitan Nota Sewa
Setiap ada permintaan atas sewa armada bisa langsung dibuatkan nota atas jasa sewa alat berat termasuk juga atas ongkos kirim dari gudang ke lokasi pelanggan.

Sebelumnya database di accurate software dimasukkan terlebih dahulu sebagai master data awal nama jasa sewa, nama armada alat berat, dan jasa ongkos kirim.



Proses selanjutnya pembuatan nota atas jasa sewa alat berat




Kontrol Armada dan sebagai Kontrol Asset
Armada yang dimiliki bisa dikontrol keberadaannya, di accurate software aplikasinya bisa sebagai item transfer, jadi dengan demikian akan ketahuan armada yang ready onhand dan armada yang disewakan.


Dan Armada yang dimiliki sebagai asset perusahaan dengan demikian secara program accurate akan lebih mudah dalam penghitungan aktiva penyusutannya.


Maintenance Armada Alat Berat
Untuk mengetahui kinerja atas armada yang dimilik maka di accurate software dibuat multi departement, dimana departement disini adalah masing masing dari armada yang dimiliki.
Dengan dibuatnya departement per armada tujuannya adalah untuk mengetahui kinerja masing masing armada termasuk maintenance yang dikeluarkan atas armada tersebut. Misal maintennce atas ganti olie, ganti ban, service rutin.
Dengan demikian akan sangat mudah mengontrol pengeluaran pengeluaran apa saja yang telah dilakukan atas armada yang dimiliki.




Laba/Rugi Armada Alat Berat
Program Pembukuan Accurate selain bisa menyajikan laporan Laba/Rugi Perusahaan secara keseluruhan juga bisa menyajikan laporan keuangan laba/rugi perdepartement, dimana departement ini bisa difungsikan juga sebagai armada alat berat.
Dengan demikian akan tersaji laporan keuangan per armada yang dimiliki.



Demikian sekilas penjelasan mengenai implementasi accurate accounting software untuk perusahaan persewaan alat berat.
Artikel ini bisa menjadi acuan bagi pelaku bisnis yang bergerak bidang usaha Persewaan.


INFORMASI HARGA SOFTWARE ACCURATE:
WA : 087776668179
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim

Postingan Populer

Entri yang Diunggulkan

Cara install RENE 2 - Minimum Spesifikasi Hardware Rene2

  Spesifikasi Minimum Hardware Pendukung RENE2 : Spesifikasi Stand Alone Client Server Operating Sistem Windows 2000, XP, Vista, 2003, Win7,...

Web Archive