Export Import Transaksi RENE Secara Otomatis Ke Database ACCURATE

 Jika Anda ingin melakukan export import transaksi Rene secara otomatis ke database Accurate, maka berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan sinkronisasi secara otomatis beserta perilaku dari ACCURATE dan RENE atas proses sinkronisasi tsb.

1. Silahkan install Program ACCURATE Service Engine di komputer dimana database ACCURATE berada. Lihat video cara Installasi, klik disini.

2. Selanjutnya installasi akan jg menginstal Service “ACCURATE Service Engine”. Bisa dilihat di daftar Services (Start | Control Panel | Administrative tools | Services).

3. Instalasi ini juga akan menghasilkan program ACCURATE Service Setting, dimana muncul di Start | All Program | CPSSoft | ACCURATE Service | ACCURATE Service Setting. Program service setting, berfungsi mengkonfigurasi ACCURATE service nya.

4. Jadi misal ada program RENE yang mau otomatis datanya ter-export dan ter-import ke database ACCURATE, maka database ACCURATE nya harus di daftarkan di ACCURATE Service Setting dulu. Isikan juga nama databasenya. Nama ini berfungsi untuk menyingkat penamaan saat di program RENE nya nanti mau konek.


5. Data-data yang otomatis terkoneksi (RENE versi  2.1.1) Data RENE otomatis terexport ke ACCURATE :

Daftar barang

Daftar kategori barang

Daftar pelanggan

Daftar pemasok

Daftar kategori pelanggan

Penjualan ataupun penjualan retur

RENE otomatis menarik data ACCURATE untuk:


Daftar barang yang diinput dari ACCURATE sendiri

Daftar Kategori barang

Selling Price Adjustment

Daftar Pemasok

Catatan #1 : Semua data yang di export ke ACCURATE atau RENE menarik data dari ACCURATE adalah semua data yang baru (Create New). Jadi jika ada edit tidak akan di ambil lagi / disesuaikan lagi. Begitu juga kalau  ada terjadi hapus, maka juga tidak di sesuaikan lagi. Catatan #2 : Saat baru pertama kali setting koneksi ini, maka saat save akan ditanyakan mau Sikronisasi atau tidak. Di jawab ya. Sinkronisasi adalah proses persiapan agar koneksi RENE ke ACCURATE dapat berjalan mulus. Yang dilakukan adalah :

7. Menyamakan data barang, jadi RENE mengeksport barang nya ke ACCURATE dan juga menarik barang dari ACCURATE, kalau ada kode yang sama, tidak di export dan juga tidak ditarik.

8. Mengeksport daftar customer supaya export transaksi penjualan nya nanti di pastikan berhasil

9. Mengecek Pajak dan ratenya di ACCURATE dan menyamakannya dengan RENE, agar saat proses Export transaksi penjualan nya berhasil dan hitungan pajaknya benar.

10. Menyamakan sales invoice nya. Kalau Nomor Invoice nya sudah ada, maka tidak di export. Jadi supaya user yang sudah melakukan export sales manual sebelumnya otomatis tidak di export ulang lagi. Jadi dipastikan semua data sales di RENE sudah ada di ACCURATE.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim

Postingan Populer

Entri yang Diunggulkan

Cara install RENE 2 - Minimum Spesifikasi Hardware Rene2

  Spesifikasi Minimum Hardware Pendukung RENE2 : Spesifikasi Stand Alone Client Server Operating Sistem Windows 2000, XP, Vista, 2003, Win7,...

Web Archive